Ribuan Penghobi Koi Se-Indonesia Ikuti Kejurnas Koi di Tasikmalaya

Minggu, 19 Januari 2020 18:01 Erni Nur'aeni Hobi

Ribuan Penghobi Koi Se-Indonesia Ikuti Kejurnas Koi di Tasikmalaya


Koropak.co.id - Priangan Timur Koi Club (PTKC) menggelar Kejuaraan Nasional Young Koi Show yang diikuti 1.200 penghobi ikan koi dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kejurnas yang dilangsungkan di Taman Wisata Karangresik, Jalan Moh Hatta Kota Tasikmalaya, Sabtu (18/1/2020) tersebut mengalami peningkatan jumlah peserta dibanding tahun sebelumnya yang diikuti 800 peserta.

Kepada Koropak, Sekertaris PTKC Senif Apniyandi mengatakan keikutsertaan ribuan penghobi ikan koi di kejurnas kali ini menunjukan adanya peningkatan atensi yang luar biasa atas kontes ikan koi.

"Adapun kontes yang digelar mencakup berbagai kategori serta ukuran ikan koi. Antusias di tahun ini luar biasa jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya diikuti 800 peserta," kata Senif.

Ditambahkan Senif, kegiatan yang digelar PTKC tidak hanya kontes ikan koi, namun juga digelar edukasi mengenai perawatan ikan koi yang baik serta benar. Terutama bagi para pembudidaya ikan koi yang harus memiliki wawasan mengenai ikan koi.

"Kita adakan edukasi tentang kualitas ikan sampai teknik pengembangbiakan ikan. Sehingga ikan yang dibudidayakan akan naik harganya, dan penghasilan para pembudidaya ikan koi dapat meningkat kesejahterannya," katanya.

 

Koropak.co.id - Ribuan Penghobi Koi Se-Indonesia Ikuti Kejurnas Koi di Tasikmalaya (3)

 

Baca : Warga di Kecamatan Purbaratu Ciptakan Olahan Unik Berbahan Ikan Lele

Bahkan, ucap Senif, ikan koi dapat menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan karena selain jenis ikan hias, ikan koi ini pun memiliki corak beragam dengan nilai yang dapat mencapai jutaan rupiah.

"Lebih menjanjikannya lagi, sampai saat ini jumlah permintaan ikan koi masih sangat tinggi sehingga ikan koi dari kita ada yang sudah merambah ke pasar ekspor," tutur Senif.

"Pembudidaya ikan koi harus mengetahui perawatan yang baik agar kualitas ikan terjaga. Harga ikan koi tergantung kualitasnya. Biasanya untuk ukuran 15 cm dibanderol Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta," katanya.

Senif berharap untuk para pembudidaya ikan koi di Tasikmalaya terus berupaya membudidayakan ikan hias ini karena sangat berpotensi untuk meningkatkan perekonomian di tingkat makro. Meskipun saat ini masih kekurangan pembudidaya ikan koi, namun dengan pengetahuan yang cukup, bisnis ikan koi ini dapat dikembangkan.*

 

Baca pula : Joy Petshop, Tawarkan Iklan Laut Hias

 



Berita Terkait