Pahitnya Pare, Senjata Perang Melawan Diabetes dan Kolesterol

Minggu, 19 Januari 2020 13:41 Dede Hadiyana Healthy

Pahitnya Pare, Senjata Perang Melawan Diabetes dan Kolesterol


Koropak.co.id - Buah pare yang masuk dalam kategori sayuran ini sangat terkenal dengan rasa pahitnya. Namun, di balik rasanya tersebut, pare memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama mencegah pertumbuhan bakteri, sel kanker, hingga mengatasi berbagai penyakit salah satunya diabetes.

Banyak penelitian yang dilakukan guna membuktikan manfaat dari pare ini. Selain itu, pare juga mengandung sejumlah nutrisi penting bagi tubuh seperti senyawa kompleks, Vitamin A, B, C, dan folat, serta banyak mengandung mineral seperti kalium, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, zat besi, antioksidan, fenil, dan flavonoid. Berikut manfaat buah pare seperti yang sudah dirangkum Koropak dari berbagai sumber.

 

1. Mengatasi diabetes
Sayuran dengan sebutan Bitter Melon di negara barat ini dapat dapat mengurangi kadar gula darah bagi penderita diabetes karena mengandung charantin, vicine, dan polipeptida-p yakni zat aktif anti diabetes.

 

2. Turunkan Kolesterol
Sayuran ini dipercaya dapat meningkatkan ugula dalam jaringan sekaligus sekresi insulin yang membuat kadar kolestero normal dan resiko diabetes ditekan dengan menkonsumsi ekstrak pare, tumis pare, pare kukus, atau olahan lainnya.

 

Baca : Inilah Beragam Manfaat Konsumsi Jeruk Peras

3. Mencegah kanker
Kandungan yang ada dalam pare yang menyimpan antioksidan dapat mencegah penyakit kanker. Pasalnya, pare bersifat antivirus sehingga mencegah menyebarnya plak herpetik dan dapat mencegah pembentukan sel kanker, bakteri, serta infeksi virus lainnya.

 

4. Mengatasi pencernaan
Selain itu, kesehatan pencernaan juga dapat diatasi oleh sayuran yang satu ini. Meskipun rendah kalori, namun pare kaya akan serat, vitamin dan mineral. Ketiga nutrisi tersebut yang dapat membantu pencernaan dan gerakan peristaltik makanan lancar melalui sistem pencernaan.

 

5. Mengurangi peradangan liver
Antioksidan yang terkandung dalam pare juga mampu mengikat radikal bebas yang tentunya disinyalir dapat mengurangi peradangan pada hati atau liver.*

 

Baca pula : Diet Menyenangkan Dengan Serat Sayuran