Kiat Cerdas Merawat Bayi Usia 4 Hingga 7 Bulan

Senin, 30 Desember 2019 13:54 Eris Kuswara Healthy

Kiat Cerdas Merawat Bayi Usia 4 Hingga 7 Bulan

 

Koropak.co.id - Pada saat si Kecil berusia 4 hingga 7 bulan, kebutuhan ASI pun harus dipenuhi dengan cukup agar pekembangan berat badannya sesuai dengan kurva pertumbuhan yang normal. Hal tersebut dikarenakan pada rentang usia itu, si Kecil akan mengalami momen penting yakni masa transisi dari konsumsi ASI eksklusif ke konsumsi ASI yang disertai Makanan Padat Pendamping (MPASI).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Selasa (17/12/2019) MPASI sendiri dapat dikenalkan saat si Kecil mulai menginjak usia 6 bulan. Namun pada masa itu juga, sang Ibu harus memberi perhatian khusus terkait perkembangan berat badan si Kecil. Berikut cara merawat bayi usia 4 hingga 7 bulan agar si Kecil dapat tumbuh mencapai potensi optimalnya.

1. Memperhatikan kebutuhan ASI si Kecil
Pada saat si kecil berusia 4 hingga 7 bulan, kebutuhan ASI yang harus dipenuhi adalah sekitar 590 hingga 900 ml per hari. Tanda-tanda kecukupan ASI tersebut dapat terlihat pada kenaikan berat badan si Kecil yang sesuai dengan kurva pertumbuhan yang normal serta rasio buang air kecil darinya minimal 6 kali per hari dengan warna urin yang jernih dan tidak pekat.

 

2. Memperkenalkan Makanan Padat Pendamping ASI (MPASI)
Periode peralihan antara ASI eksklusif ke makanan keluarga dikenal juga sebagai masa penyapihan atau pelepasan ASI saat si kecil berusia 6 hingga 24 bulan. Selama masa tersebut, proses pemberian makanan khusus selain ASI dapat diatur secara bertahap, mulai dari jenis, jumlah, frekuensi maupun tekstur serta konsistensinya agar seluruh kebutuhan nutrisi si Kecil bisa terpenuhi.

 

Koropak.co.id - Kiat Cerdas Merawat Bayi Usia 4 Hingga 7 Bulan

 

Baca : Kiat Liburan Menyenangkan Bersama Si Kecil

3. Memperhatikan perkembangan berat badan si kecil
Diketahui setiap bayi yang baru lahir akan kehilangan 1/10 berat badannya akibat kehilangan cairan di 5 hari pertamanya. Namun berat badannya akan naik menjadi 2 kali lipat dibandingkan waktu lahir pada saat si Kecil sudah menginjak umur 5 bulan. Namun normalnya, pertambahan berat badan usia 4 hingga 7 bulan (Triwulan II) adalah seberat 500 hingga 600 gram per bulan.

 

4. Memperhatikan pola Buang Air Besar (BAB)
Pola buang air besar si Kecil ini bisa tergantung pada pola makanannya, apabila si Kecil banyak makan makanan berserat, maka BAB-nya akan cenderung lancar, tidak keras dan teratur. Sedangkan jika si Kecil kurang dalam mengkonsumsi makanan yang berserat, maka BAB-nya akan menjadi keras dan sering menyebabkan rasa nyeri ketika BAB hingga menyebabkan konstipasi.

 

5. Menjaga kebutuhan tidur si Kecil
Sebagian besar pertumbuhan si Kecil terjadi pada saat dia tertidur. Karena saat si Kecil tidur, merupakan waktu dihasilkannya hormon pertumbuhan. Oleh karena itu, si kecil harus membutuhkan jam tidur yang cukup dan berkualitas. Waktu tidurnya sendiri terbagi menjadi dua yakni pada siang dan malam. Sebaiknya si kecil tidur di siang hari sebanyak dua kali selama 3 jam, dan tidur di malam hari selama 11 jam.*

 

Baca pula : Mengisi Liburan Bersama Si Kecil



Berita Terkait