Kala Hujan Makan Nasi TO, Makanan Enak Tradisional Jawa Barat

Kamis, 12 Desember 2019 17:22 Roki Sabirin Kuliner

Kala Hujan Makan Nasi TO, Makanan Enak Tradisional Jawa Barat

 

Koropak.co.id - Nasi T.O atau biasa dikenal dengan Nasi Tutug Oncom yakni makanan berat dengan tampilan yang biasa saja namun banyak disukai banyak orang hingga menggugah selera. Hanya cukup dengan tempe, tahu, lalapan dan sambal, sudah pasti menjadi menu favorit dan khas dari nasi T.O ini.

Meskipun sekarang ini sudah banyak kreasi olahan nasi T.O, akan tetapi berbeda dengan nasi T.O yang satu ini yakni Nasi T.O Jadul yang cukup legendaris dari proses pembuatannya tanpa adanya minyak hingga baik untuk kesehatan yakni dengan cara di bakar.

Berlokasi di Jalan Nagrog Kidul Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya tepatnya berada di Sanggar Tari Mayang Binangkit, T.O Jadul ini dibanderol dengan harga Rp 5.000 Rupiah.

Tidak hanya tutug oncomnya saja, sambal yang mengigit lidah membuat penikmatnya menjadi ketagihan yang dilengkapi dengan lalapan, ikan teri yang cocok dinikmati saat waktu siang atau sore, bahkan sangat terasa dinikmati saat sedang hujan.

 

Koropak.co.id - Kala Hujan Makan Nasi TO, Makanan Enak Tradisional Khas Jawa Barat (2)

 

Baca : Yuk, Wisata Kuliner Ke Tasikmalaya

Dijumpai Koropak, Kamis (12/12/2019), pemilik nasi T.O Jadul Elin Haryati mengatakan, dirinya sangat menyukai nasi T.O sejak masih remaja. Dengan bumbu tradisional tanpa tambahan pengawet atau pun penyedap lainnya, kuliner satu ini sangat diminati banyak orang. Terlebih, saat oncom dan bawang merah sudah matang usai dibakar yang kemudian ditumbuk dengan kencur serta sedikit diberi garam dan dicampur dengan nasi hangat.

"Menu yang saya buat ini serasa bernostalgia pada saat saya dulu masih gadis. Menu tanpa kolestrol ini sengaja dibuat karena tidak ditambah bumbu penyedap lainnya, benar-bener bumbu tradisonal," ujarnya.

Dikatakan Elin, dengan bahan-bahan yang melalui proses pembakaran secara tradisional, membuat aroma oncom dan bawang merah yang terbakar menjadi ciri khas dari makanan sederhana ini, yang pasti menambah selera makan.

"Awal mulanya hanya menyediakan untuk anak-anak sedang latihan di sanggar tari ini dengan harga terjangkau. Alhamdulillah, sekarang yang datang kesini tidak hanya mereka yang menunggu anaknya latihan untuk menikmati makan siang dengan nasi tutug oncom Jadul ini," katanya.*

 

Baca pula : Unik, Makan Di Warung Nasi Makan Yuk Dialasi Pipiti

 



Berita Terkait