Heboh Fenomena Crosshijaber, Lelaki Berhijab Bikin Wanita Resah

Senin, 14 Oktober 2019 18:46 Eris Kuswara Intermezo

Heboh Fenomena Crosshijaber, Lelaki Berhijab Bikin Wanita Resah

 

Koropak.co.id - Baru-baru ini jagat media sosial tanah air dihebohkan mengenai komunitas crosshijaber atau pria yang berpenampilan menggunakan hijab, bahkan mereka turut bergaya ala hijab syar'i lengkap dengan cadarnya. Sehingga hal tersebut membuat Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai fenomena yang terjadi saat ini menyimpang.

"Seorang laki-laki yang menyerupai perempuan, seperti itu kan sudah menyimpang. Karena yang benar adalah laki-laki tersebut harus bisa ditegaskan dalam sebuah lingkungan sosial untuk tetap menjadi dan mengembangkan jiwa kelelakiannya. Jangan sampai dia dibiarkan untuk mengembangkan jiwa keperempuanannya," kata Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi, Masduki Baidlowi, Minggu (13/10/2019).

Berdasarkan informasi yang telah dihimpun Koropak, Senin (14/10/2019) diketahui, istilah crosshijaber itu diambil dari crossdressing yang di mana pria mengenakan gaun wanita ditambah tampil dengan menggunakan makeup. Bahkan crosshijaber juga memiliki komunitas di Facebook dan Instagram serta memiliki tagarnya sendiri.

 

Koropak.co.id - Heboh Fenomena Crosshijaber, Lelaki Berhijab Bikin Wanita Resah (3)

 

Masduki mengatakan, pencegahan fenomena crosshijaber harus dilakukan agar ke depannya tidak semakin menjadi-jadi. Terlebih lagi, dalam agama islam juga tidak dibenarkan bahwa seorang laki-laki menyerupai kaum perempuan.

"Tren yang menyimpang tentunya harus dicegah. Jadi budaya apapun jika itu menyimpang dari nilai-nilai dasar, maka harus segera dicegah agar tidak kebablasan. Jika tidak, fenomena ini bisa menjadi semacam virus yang terus berkembang yang pada akhirnya berbahaya," ujarnya.

Ditambahkan Masduki, mengenai fenomena berhijab yang menutupi wajah, dirinya memiliki pandangan bahwa hanya beberapa ulama saja yang menyepakati hal tersebut. Sedikit ulama yang berpendapat mengenai berhijab menutup muka, terutama ulama Wahabi yang berada di Arab Saudi dan bermazhab Hambali.

 

Koropak.co.id - Heboh Fenomena Crosshijaber, Lelaki Berhijab Bikin Wanita Resah (1)

 

Baca : MUI Keluarkan Fatwa Aliran Sesat Sensen Komara

 

"Sementara untuk ulama lainnya yang bermazhab di luar Hambali seperti mazhab Syafi'i, Hanafi dan Maliki, mereka menganggap wajah bukanlah aurat, sehingga boleh dibuka dikarenakan itu biasa saja," tuturnya.

Crosshijaber berhasil menuai sensasi setelah salah seorang netizen mengunggah thread tentang keberadaan komunitas tersebut. Dikatakannya, laki-laki yang tampil dengan hijab syar'i itu bahkan berani masuk ke tempat yang semestinya hanya boleh dimasuki wanita, seperti toilet. Ditambah lagi, mereka juga bahkan tidak ragu untuk berada di masjid.

Untuk mencegah fenomena semakin berkembang luas, sejumlah akun crosshijaber pun kini sudah dikunci serta tidak ada foto profilnya. Hal tersebut dikarenakan aksi crosshijaber tersebut dinilai sudah meresahkan, khususnya bagi para kaum wanita.*

 

Baca pula : Kinerja Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Disoroti MUI